Kelompok Rentan di Banjarnegara akan Dapat Dampingan Vaksinasi Inklusif

Diterbitkan pada Jumat, 26 November 2021

BANJARNEGARA - Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang meliputi Komunitas Sahabat Difabel (KSD),LRC-KJHAM Semarang bersama Yappika Action Aid akan melakukan pendampingan vaksinasi inklusif di Kabupaten Banjarnegara.

Noviana Dibyantari, Founder dan Inisiator KSD menyampaikan, target sasaran vaksinasi ini adalah masyarakat rentan, semisal kelompok disabilitas, lansia, ibu hamil dan menyusui, anak 12 tahun ke atas, serta perempuan pekerja migran.

"Kami mendapatkan saran dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk membantu percepatan vaksinasi bagi kelompok masyarakat rentan di Banjarnegara dan Purbalingga," terangnya saat audiensi dengan Plh Bupati Banjarnegara di Ruang Rapat Bupati, Selasa (23/11/2021).

Dia menjelaskan, dalam pendampingan vaksinasi inklusif nanti masyarakat rentan yang kesulitan datang ke tempat vaksinasi akan mendapat fasilitas kendaraan antar jemput.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan konseling psikolog dan hipnoterapi untuk mereka yang takut karena termakan hoax efek dari vaksin.

Desa yang akan menjadi tujuan vaksin di Banjarnegara adalah desa-desa di wilayah Kecamatan Mandiraja, mengingat di sana capaian vaksinasi baru 49 persen.

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian untuk percepatan vaksin di Kabupaten Banjarnegara.

Dia juga akan mendukung penuh serta siap membantu agar pelaksanaan vaksinansi bisa berjalan lancar.

"Kegiatan seperti ini harus didukung. Kami akan menindaklanjutinya dengan komunikasi sampai tingkat desa," ujarnya

Kepala Dinas Kesehatan Latifa Hesti Purwaningtyas menyampaikan, pihaknya akan berkomunikasi dengan pemerintah kecamatan dan Puskesmas terkait penyelenggaran vaksinasi inklusif ini.

"Besok kita akan segera berdiskusi dengan kecamatan dan Puskesmas membahas persiapan vaksinansi ini," katanya

Dinkes juga siap menyediakan vaksin dan vaksinator jika diperlukan. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara terus menggenjot capaian vaksinasi Covid 19.

Saat ini cakupan vaksinasi umum sudah mencapai 55,37 persen dan untuk lansia diangka 45,6 persen. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Kolompok Rentan di Banjarnegara akan Dapat Dampingan Vaksinasi Inklusif